Rabu, 28 September 2011

Cara Mempercepat Komputer (PC) Yang Lambat



Setelah sekian lama kita menggunakan komputer (PC) akan ada saatnya komputer kita akan mulai lambat. Hal seperti ini wajar saja terjadi karena ada beberapa faktor penyebab. Penyebab paling umum adalah Harddisk. Kenapa Harddisk???, ya karena Harddisk adalah perangkat komputer yang selalu kita gunakan. Pasti tidak jarang anda menyimpan data dan menghapus data. Seiring berjalannya waktu harddisk anda akan mulai kehilangan kemampuannya untuk data secara efisien. Untuk mengatasi tersebut ada 3 aplikasi yang dapat anda gunakan. Anda tidak usah bingung untuk mendownload aplikasi tersebut karena ke-3 aplikasi sudah tersedia di window anda.. :D


Berikut 3 Aplikasi yang akan kita gunakan, yaitu :
1. Disk Cleanup
---> Klik tombol Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Cleanup. Jika sudah dijalankan akan muncul gambar seperti dibawah ini.
---> Tunggu beberapa menit hingga muncul seperti gambar diatas, jika sudah selesai klik tombol OK. Muncul pertanyaan "Are you sure you want to perform these actions?" klik Yes. (Lihat gambar dibawah)
---> Selesai.




2. Disk Defragmenter
---> Klik tombol Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter. Jika sudah dijalankan akan muncul seperti gambar dibawah ini.
(untuk pengguna Windows XP)

(untuk pengguna Windows Vista atau 7)


---> Lihat dibawah tulisan Volume lalu Klik (C:) -> Klik tombol Defragment.
---> Tunggu hingga selesai

3. Check Disk.
---> Tutup semua program yang masih dijalankan.
---> Klik tombol Start -> My Computer
---> Lihat disebelah kiri, klik kanan di (C:) pilih properties
---> Pilih Tools lalu klik Check Now.
---> Centang(klik) semuanya Automatically fixfile system errors dan Scan for and attempt recovery of bad sectors lalu klik Start.
Check Disk Local Disk dialog box, with the Scan for and attempt recovery of bad sectors check box selected
Disarankan Anda melakukan perawatan dengan ke-3 aplikasi ini secara rutin. Jika Anda adalah pengguna yang aktif maksudnya sering menyimpan data yang besar dan menghapusnya maka disarankan melakukan perawatan seminggu sekali. Bagi yang pengguna yang biasa-biasa saja bisa melakukannya sebulan sekali saja. Bagusnya, Anda tidak harus menjadwalkan perawatan secara manual karena Anda bisa mengseting agar Windows Anda melakukannya sendiri untuk Anda.


~ Selamat Mencoba ~
-= Semoga Bermanfaat =-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar